Kursus gambar dengan program terlengkap

Studio gambar dengan kursus gambar terlengkap Karya portfolio kuliah gambar murid Studio ATistika. Studio ATistika telah ba...

27 Juli 2018

Peralatan Melukis Cat Minyak untuk Pemula

Peralatan Melukis Cat Minyak untuk Pemula


Melukis sebenarnya merupakan kebutuhan penting untuk jiwa kita karena selain menyanyi atau berpuisi, karena jiwa kita butuh di refleksikan lewat gambar juga.
Tapi saya tidak bisa menggambar pak/ko/mas begitulah banyak yang protes kepada saya.

lukisan harryadi dwitanto
Keuletan kunci keberhasilan melukis.
Sebenarnya dari kecil kita ini sudah ada bakat gambar, cuma karena mencoret coret tembok aja akhirnya kita dimarahi. Padahal moment tersebut penting perkembangan jaringan otak balita sampai 6 thn.

Untuk mulai melukis, pemula bisa belajar sendiri lewat internet apalagi sekarang jaman 4g dengan kuota berlimpah, malah sempat saya mendapatkan tawaran 20 gb sebulan seratus ribu dari pihak operator cuma ga sempat saya ambil karena mikirin blog ini kwkwk.

Pemula bisa mulai membeli peralatan melukis yang murah dulu. Karena sayang kalo cuma belajar dasar harus beli cat minyak satu tube seharga 400 ribu, cuma satu warna guys harganya mahal banget.

Biasanya peralatan cat minyak adalah sebagai berikut: set cat minyak, kwass cat minyak, medium cat minyak, palette cat minyak, standard lukisan/easel, pembersih kwass, lap pengering kwass,kanvas,varnish, pisau palette.



Untuk cat minyak, pemula bisa membeli satu set isi 12 warna kurang lebih seharga 50 ribuan, untuk merknya sudah ada dibanyak toko buku dan toko alat seni.
Pemakaian cat minyak tidak usah banyak, keluarkan sedikit sedikit karena kita belajar juga menghitung jumlah cat untuk satu bidang kanvas ukuran tertentu.
Dengan melukis berulang kali kita akan tahu jumlah yang harus dikeluarkan dari tube cat untuk warna tertentu.

Untuk kwass cat minyak, pemula bisa membeli ukuran kecil sebanyak 2 buah karena sering kita pakai akhirnya cepat habis, jadi ga usah bolak balik ke toko, capee.
Setelah itu bisa membeli ukuran medium dan besar.
Guna ukuran besar untuk mempercepat mengecat dasar suatu gambar. Ukuran kecil untuk detail gambar.

Palette cat minyak biasanya harga standar saya merekomendasikan palette kayu warna putih. Palette cat minyak berguna untuk menaruh cat minyak untuk kita pakai langsung.
Kita keluarkan cat minyak dari tube kita taruh di atas palete kayu.

Kanvas untuk pemula menurut saya tetap harus yang kualitas standard jangan cari yang paling murah. Sudah pengalaman 20 th murid cari kanvas murah hasilnya lukisan jadi hancur, warna asli gabung dengan warna dasar awal, melukis bunga merah besoknya jadi warna coklat. 
Ciri kanvas yang standar adalah kalo di lihat agak mengkilap sedikit, kalo perlu mengkilap banget, karena dasarannya ada cat minyaknya.

Untuk standar pemula karena dipakai terus sampai mahir, bisa beli yang standarnya berdiri karena bisa untuk melukis kanvas ukuran 150 meter. Kecuali memang mau melukis kanvas ukuran kecil silahkan beli yang standar aluminium lipat atau standar kayu meja. Mengenai harga terserah sesuai anggaran karena standar lukisan biasanya awet.

Untuk peralatan lain seperti medium oil, minyak cuci kwass, kain lap beli aja yang paling murah. Minyak cuci kwass bisa diganti minyak tanah akan lebih baik pakai turpentin beli di toko kimia.

Oiya melukislah di ruangan non ac, karena uap pencuci cat itu bersifat alergik, maklum penulis alergi an.

Akhirnya setelah membeli peralatan melukis untuk pemula langsung aja corat coret di rumah sampai puas.

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalo lucu share temen bro.